Kamis, 20 Mei 2010

Tips Memilih AC

Temperatur udara kota Jakarta yang saat ini sudah mencapai 32 derajat celcius pada siang hari membuat sebagian warga mau tak mau menambah daftar kebutuhan primer-nya, yaitu Air Conditioner (AC) atau penyejuk udara. Namun, sayangnya masih banyak orang yang salah memilih produk yang sesuai. Diantaranya memilih kapasitas AC yang tidak pas dengan ukuran ruangan. Walhasil bukannya kesejukan yang didapat, melainkan udaran ruangan yang tetap panas atau bahkan membengkaknya tagihan listrik.
Apabila saat ini Anda berencana membeli sebuah perangkat AC untuk di rumah, mungkin beberapa tips di bawah ini bisa membantu:
- hitung luas ruangan yang akan dipasangi perangkat AC
Sebelum membeli AC, sebaiknya Anda mengukur dulu luas ruangan untuk mengetahui kapasitas AC yang dibutuhkan. Berikut adalah rumus perhitungan yang bisa Anda terapkan:
P x L x (T/3) x 0,07 = __ PK
P = panjang ruangan
L = lebar ruangan
T = tinggi ruangan

Contoh: jika panjang ruangan 10 meter, lebar ruangan 5 meter dan tinggi ruangan 2 meter maka kapasitas AC yang mumpuni untuk ruangan tersebut adalah 2,3 PK.

- pilih AC yang mempunyai converter
Converter pada AC berfungsi untuk mengatur beban listrik. Jadi, pada saat suhu dalam ruangan cukup sejuk, secara otomatis AC akan mengurangi beban pendinginan tetapi masih dalam posisi menyala (ON). Seperti kita ketahui daya listrik AC terbesar adalah pada saat Start.

- perhatian bagian kipasnya
Semakin lebar kipas, semakin kencang angin yang berhembus. Selain itu, AC yang memiliki kipas yang lebar tidak akan menimbulkan suara berisik. Evaporator yang lebar pada AC juga menandakan kipas pada blower eksternal lebih besar. Ini diperlukan untuk keseimbangan kinerja mesin. Dan akan lebih baik lagi bila kipas tersebut bergerigi karena dapat membuat turbulansi menjadi tidak berisik.

- pertimbangkan fitur-fitur tambahan yang berguna bagi kesehatan
Saat ini sudah ada AC dengan fitur yang mampu membasmi kuman. Bahkan ada juga yang mampu menyaring partikel debu yang sangat halus termasuk bakteri. Jadi AC tidak lagi hanya menyejukkan ruangan, tapi juga bisa menyehatkan.

- sesuaikan dengan nuansa interior rumah
Jika Anda seorang yang peduli terhadap interior rumah, maka pilih AC yang mendukung nuansa interior rumah Anda. 

 

0 komentar:

Posting Komentar